DMD MLKI Ponorogo Monitoring Evaluasi Kurikulum Pendidikan Penghayat di SDN 4 Wagirkidul

Penyerahan buku ajar Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk kelas V dan VI SD dari DMD MLKI Kab Ponorogo kepada Kepala Sekolah SDN 4 Wagirkidul disaksikan oleh OPD Kabupaten Ponorogo

PONOROGO | lingkarindonesia.com - DMD MLKI (Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia) Kabupaten Ponorogo melakukan kegiatan monitoring & evaluasi. 

Kegiatan ini dilakukan bersama Dinas Pendidikan, Kejaksaan Negeri, dan Bakesbangpol di SDN 4 Wagirkidul, Pulung Ponorogo pada Jumat, (13/9/24).

Kegiatan Monev ini dilaksanakan di SDN 4 Wagirkidul karena hingga saat ini yang memiliki siswa penghayat kepercayaan hanya sekolah tersebut. 

Presidium MLKI, Gatut Sugiono menyampaikan jika pendidikan penghayat ini harus diberikan haknya kepada siswa penghayat karena sudah termuat di Permendikbud No. 27 tahun 2016.

Lebih lanjut, Kepala SDN 4 Wagirkidul, Kardadi, S.Pd.SD mengapresiasi kegiatan hari ini, karena baru tadi pagi tentang dasar hukum pendidikan penghayat dijelaskan, sehingga nantinya bisa menugaskan penyuluh kepercayaan sehingga hak siswa bisa terpenuhi. 

"Jujur kami sendiri masih bingung terkait kurikulum dan nanti di raport dan ijazah ditulis bagaimana, namun meski begitu sementara ini SD kami hanya terdapat satu siswa penghayat dan sudah terlayani dengan baik," jelasnya.

Perwakilan dari Dinas Pendidikan, yang hadir Kasubag Umum dan Kepegawaian, Tjatur Prihantoko, SH. M.Si. menyarankan agar komunikasi ini terus berjalan sehingga dinas bisa memantau perkembangan pendidikan penghayat secara intens karena ini adalah hak setiap warga negara terutama siswa tanpa ada diskriminasi sama sekali.

Kejaksaan Negeri Ponorogo yang hadir diwakili Kasi Intel, Agung Riyadi, SH. MH., Bakesbangpol dari Kabid Ideologi dan Wasbag, Bambang H. dalam kesempatan tersebut menyatakan bahwa Administrasi Kependudukan ini adalah hak dan memang sudah memiliki payung hukum negara melalui putusan MK RI No. 97/PUU-XIV/2016, maka dari itu sebagai tugasnya adalah mengawal amanat perundang-undangan dan konstitusi negara tersebut.

Sementara itu, dari pihak MLKI sendiri menyampaikan permohonan maafnya karena keterlambatan monitoring disebabkan kevakuman MLKI akibat Covid-19 sehingga  tidak sesuai dengan deadline program kerja. 

Dalam kegiatan ini diserahkan secara seremonial buku ajar Pendidikan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Budi Pekerti dari DMD MLKI Kabupaten Ponorogo kepada SDN 4 Wagirkidul agar dipergunakan untuk pengajaran siswa. 

Sujatno, BcHk, S.Pd. Presidium I MLKI menutup kegiatan dengan hening agar selanjutnya pengembangan kurikulum dan pendidikan kepercayaan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada suatu halangan.

Harapan kedepan,  pendidikan kepercayaan ini terus berlanjut dan berkembang tanpa diskriminasi sehingga terjadi regenerasi di penghayat kepercayaan dan ajarannya bisa terwarisi hingga ke generasi berikutnya. (dian_reog )

COMMENTS

Pengunjung

Nama

Hukum dan Kriminal,380,Kuliner,6,Parlemen,126,Pemerintahan,335,Pendidikan,172,Peristiwa,580,POLITIK,123,Sosial Ekonomi,249,Wisata Budaya,43,
ltr
item
lingkarindonesia.com: DMD MLKI Ponorogo Monitoring Evaluasi Kurikulum Pendidikan Penghayat di SDN 4 Wagirkidul
DMD MLKI Ponorogo Monitoring Evaluasi Kurikulum Pendidikan Penghayat di SDN 4 Wagirkidul
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrfIIO4yXvMbDlZz1KZRbU7CzQHUyjh_vGUXJbUp-xwqry-2XIklbsvsy0GmmT7Q7fwbuSr5AVfaeMfwETp0QtYHglB51v0vhdbU7majV__cFYQRO8lxuGA1gzIFMtJ7-zDj-Ies8-UvqhQso3JZNZc5GAEwMsBUVebOgNxENBbc1vaINwH-iXnu53gfqn/s320/IMG-20240913-WA0024.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhrfIIO4yXvMbDlZz1KZRbU7CzQHUyjh_vGUXJbUp-xwqry-2XIklbsvsy0GmmT7Q7fwbuSr5AVfaeMfwETp0QtYHglB51v0vhdbU7majV__cFYQRO8lxuGA1gzIFMtJ7-zDj-Ies8-UvqhQso3JZNZc5GAEwMsBUVebOgNxENBbc1vaINwH-iXnu53gfqn/s72-c/IMG-20240913-WA0024.jpg
lingkarindonesia.com
https://www.lingkarindonesia.com/2024/09/dmd-mlki-ponorogo-monitoring-evaluasi.html
https://www.lingkarindonesia.com/
https://www.lingkarindonesia.com/
https://www.lingkarindonesia.com/2024/09/dmd-mlki-ponorogo-monitoring-evaluasi.html
true
7668562360802467901
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy